KASIAT DAN KANDUNGAN DAUN BINJI UNTUK KESEHATAN


Kandungan Kimia. Buah mengandung zat kimia: thevetin A, thevetin B, peruvoside, neriifolin, ruvoside (theveneriine), perusitin dan cerberin. Biji mengandung thevetin, cerberoside, thevefolin, ruvoside, theveneriine, peruvoside, theveside, theviridoside, vertiaflavone, peruvoside 2-monoa cetate. Kulit mengandung peruvoside, neriifolin, lupeol acetate, theviridoside. Akar mengandung neriifolin, thevelene dan neriperside. Sifat kimia dan efek farmalogis.

Ginje Dan Obat Titan Gel juga mempunyai rasa pedas, pahit, hangat dan sangat beracun. Bermanfaat untuk menguatkan jantung (cardiotonic), dapat dipergunakan untuk meluruhkan kemih (diuretik), dapat menghilangkan bengkak (anti swelling) dan dapat dipergunakan untuk obat cacing (anthelmintic).
Bagian yang digunakan sebagai obat. Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, biji, kulit batang, tangkai dan akar. Biji dimanfaatkan bila buah telah matang dan kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari.
Khasiat. Ginje dapat bermanfaat untuk berbagai pengobatan yaitu: gagal jantung (cardiac failure) dengan berbagai manifestasinya seperti Paroxysmal Supraventricular Tachycardia (dengan gejala jantung berdebar). Dapat dimanfaatkan untuk membunuh serangga (inceticide) seperti lalat, dapat dipakai sebagai obat penurun panas dan dapat untuk obat radang di pinggir kuku (cantengan).
Cara pemanfaatan sebagai obat. Tanaman ginje adalah tanaman beracun, jadi tidak dianjurkan untuk dipergunakan untuk obat yang diminum dari bahan segar atau dikeringkan karena bila kelebihan dosis akan berbahaya. Bila akan dipkai sebagai obat yang diminum, harus dibuat ekstrak dan dibuat dalam bentuk tablet/suntikan yang berisi bahan aktif neriperside yang dapat dipergunakan untuk mengobati gagal ginjal yang disebabkan darah tinggi dan jantung koroner, radang paru (pneumonia) pada anak yang berjantung lemah, dapat melambatkan denyut jantung pada paroxysmal supraventricular tachycardia dan paroxymal antrial fibrillation..

Komentar